Selasa, 14 Disember 2010

ape sedang berlaku pada mu?=)


Pejam celik- pejam celik dah 27 minggu dah kita hamil...dah rasa degup2 / ceguk2 dia...rensa jugak..tapi seronok..tak sabar naktengok dia..hihihi..tengok2 kat tenet apa perkembangan baby kalu dah time mcm ni..rasa macam berdebar lah...=)..

Apa yang terjadi pada janin:

Minggu ini, bobot janin sudah hampir mencapai 1kg, dan panjang tubuhnya hampir mencapai 35-36 cm. Janin sudah dapat tidur dan terbangun dalam waktu yang teratur (dengan jeda), membuka dan menutup matanya dan mungkin mampu mengisap jempol tangannya.


Seiring bertambah banyaknya jaringan otak yang berkembang, otak janin kini sudah bertambah aktif. Meski paru-parunya belum matang, tapi jika janin harus lahir di minggu ini ia sudah dapat bernafas (dengan bantuan medis). Anda juga sudah dapat merasakan gerakan-gerakan ketika janin mengalami cegukan.

Apa yang terjadi pada ibu:
Trimester kedua sudah hampir selesai (di akhir minggu ini), tapi perubahan-perubahan pada tubuh masih akan Anda rasakan. Bersama munculnya nyeri punggung, mungkin Anda akan kerap merasakan munculnya kram otot. Kondisi ini disebabkan karena seiring dengan tumbuhnya janin dan berkembangnya rahim, tekanan akan semakin bertambah pada pembuluh darah yang bertugas mengembalikan darah dari kaki ke jantung. Sayangnya, mungkin keluhan kram akan semakin sering muncul seiring dengan perkembangan kehamilan.


Kram kaki akan lebih sering muncul di malam hari, tapi bisa juga terasa di siang hari. Jika kram muncul, meregangkan kaki dengan ujung jempol kaki ditekuk kedalam, mungkin dapat meringankan. Bila sudah hilang nyerinya, berjalan lah pelan-pelan atau balurkan krim pelemas otot.


Dengan begitu banyaknya keluhan nyeri, sakit dan keluhan lain yang terasa asing selama kehamilan, membuat ibu hamil susah mencari tahu apakah itu semua adalah keluhan normal atau pertanda adanya gangguan serius. Inilah beberapa gejala yang mungkin menjadi penanda munculnya masalah. Jika Anda merasakan hal-hal di bawah ini, segeralah pergi ke dokter:

Sebelum mencapai usia kehamilan 37 minggu:

  • Tekanan di panggul/pelvis (rasanya janin seperti menekan), nyeri di punggung bawah, kram perut seperti mau mens atau muncul lebih dari 4 kali kontraksi dalam sejam (meski tak menyakitkan).


  • Ada perubahan-perubahan di vagina atau vagina tampak berbeda dari biasanya, misalnya terasa lebih basah, berlendir atau mungkin mengeluarkan darah (meski hanya terlihat merah muda dan setitik darah).

Sekali waktu:


  • Janin kurang/tidak bergerak seperti biasanya
  • Nyeri/sakit perut yang muncul kadang-kadang atau menetap.
  • Vagina berdarah atau mengeluarkan flek, atau lebih basah.
  • Terasa sakit ketika berkemih (pipis), sedikit atau sama sekali susah berkemih
  • Muntah beberapa kali atau kerap, atau muntah yang disertai dengan demam atau rasa sakit.
  • Demam di atas 37,8 celsius
  • Pandangan menjadi kabur dan dobel, atau melihat titik hitam.
  • Sakit kepala kadang-kadang atau menetap, yang disertai kaburnya pandangan, sulit bicara atau kebas di ujung jari.
  • Ada sedikit pembengkakan di wajah atau sekitar mata, bengkak yang tak biasa di jemari atau bengkak tiba-tiba di kaki atau engkel atau pertambahan berat badan yang cepat lebih dari 1,8 kg dalam seminggu.
  • Sakit yang muncul kadang-kadang atau menetap di kaki atau betis yang tidak mereda saat Anda atasi sendiri.
  • Pingsan, berkunang-kunang, pening, detak jantung lebih cepat atau sering berdebar.
  • Susah bernafas, batuk darah atau sakit di dada
  • Kadang merasakan sembelit yang diiringi nyeri di perut atau diare lebih dari 24 jam.
  • Muncul rasa gatal yang menetap.

Minggu ini mengapa tidak …


Mendaftar ke kelas menyusui.
Jika Anda adalah calon ibu baru dan berencana menyusui ASI Ekskulisf 6 bulan, mungkin ada baiknya Anda mengikuti kelas menyusui. Beberapa rumah sakit menyelenggarakan kelas ini. Anda juga dapat belajar dari internet dengan mengikuti milis ibu-ibu menyusui.


Tahukah Anda?
Sel-sel otak janin terbentuk selama ia berada di kandungan, dan saat janin lahir, sel-sel itu saling terkoneksi lewat stimulasi visual, motorik, bahasa dan sosial. Semakin banyak koneksi ini tersambung, bayi akan semakin belajar dan mengembangkan kemampuan kognitif dan daya ingatnya (memori).

Ini artinya, selama menjalani kehamilan Anda harus bersungguh-sungguh memperhatikan asupan makanan yang bisa membantu regenerasi sel di otaknya. Temukan bagaimana Anmum Materna bisa membantu memberi awal yang baik untuk otak si kecil. Mintalah sampel gratis di sini! Pastikan Anda mendapat cukup nutrisi, begitu juga sikecil di dalam kandungan sana!

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

apa kata kamu??